PEMBUKA

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA..
SEMOGA APA YANG SAYA TULIS INI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA..
SELAMAT MEMBACA

Minggu, 19 Mei 2013

PEMAIN PASAR VALAS


PEMAIN PASAR VALAS

Pasar Valas

Pasar Valas adalah pasar transaksi di luar bursa (over-the-counter - OTC) internasional. Ini berarti bahwa pasar valas adalah pasar desentralisasi dan mandiri dengan tidak ada pusat pertukaran atau lembaga kliring, tidak seperti saham dan pasar berjangka. Struktur ini menghilangkan biaya pertukaran dan kliring, sehingga mengurangi biaya transaksi.
Pasar OTC Valas dibentuk oleh peserta yang berbeda – dengan berbagai kebutuhan dan kepentingan – yang berdagang secara langsung dengan satu sama lain. Para peserta ini dapat dibagi dalam dua kelompok: pasar antar bank dan pasar ritel.

Pasar Antar Bank

Pasar antar bank menetapkan transaksi Valas yang terjadi antara bank sentral, bank komersial dan lembaga keuangan.
  • Bank Sentral - Bank sentral nasional (seperti US Fed dan BCE) memainkan peran penting dalam pasar Valas. Sebagai otoritas moneter utama, peran mereka mencakup pencapaian stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi. Untuk melakukannya, mereka mengatur seluruh jumlah uang beredar dalam perekonomian dengan menetapkan suku bunga dan persyaratan cadangan. Mereka juga mengelola cadangan devisa negara yang dapat mereka gunakan untuk memengaruhi kondisi pasar dan nilai tukar.
  • Bank Komersial - Bank komersial (seperti Deutsche Bank dan Barclays) menyediakan likuiditas ke pasar Valas sebagai akibat dari volume perdagangan yang mereka tangani setiap hari. Beberapa perdagangan ini mewakili konversi mata uang asing atas nama kebutuhan pelanggan sementara beberapa dilakukan oleh divisi perdagangan kepentingan sendiri bank untuk tujuan spekulatif.
  • Lembaga Keuangan - Lembaga keuangan seperti manajer uang, dana investasi, dana pensiun dan perusahaan pialang memperdagangkan mata uang asing sebagai bagian dari kewajiban mereka untuk mencari peluang investasi terbaik bagi klien mereka. Contohnya, seorang manajer portofolio ekuitas internasional harus terlibat dalam perdagangan mata uang untuk membeli dan menjual saham asing.

Pasar Ritel

Pasar ritel melayani transaksi yang dilakukan oleh spekulan dan investor yang lebih kecil. Transaksi tersebut dilakukan melalui pialang Valas yang bertindak sebagai mediator antara pasar ritel dan pasar antar bank. Peserta pasar ritel adalah dana lindung nilai, perusahaan dan individu.
  • Dana Lindung Nilai - Dana lindung nilai adalah dana investasi pribadi yang berspekulasi di berbagai kelas aset dengan menggunakan leverage (dana penumpu). Dana Lindung Nilai Makro mengejar peluang perdagangan di pasar Valas. Mereka merancang dan melaksanakan perdagangan setelah melakukan analisis makroekonomi yang mengulas tantangan yang memengaruhi negara dan mata uangnya. Karena memiliki jumlah likuiditas besar dan strategi agresif, mereka adalah penyumbang utama terhadap dinamika pasar Valas.
  • Perusahaan - Mereka mewakili perusahaan yang terlibat dalam kegiatan impor/ekspor dengan mitra asing. Bisnis utama mereka mengharuskan mereka untuk membeli dan menjual mata uang asing sebagai pertukaran dengan barang sehingga mengekspos mereka terhadap risiko mata uang. Melalui pasar Valas, mereka mengonversi mata uang dan lindung nilai diri mereka sendiri terhadap fluktuasi di masa depan.
  • Perorangan - Pedagang atau investor perorangan memperdagangkan Valas atas modal mereka sendiri dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan dari spekulasi pada nilai tukar di masa depan. Mereka terutama beroperasi melalui platform Valas yang menawarkan sebaran ketat, eksekusi langsung dan rekening margin dengan leverage tinggi.

    sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar