PEMBUKA

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA..
SEMOGA APA YANG SAYA TULIS INI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA..
SELAMAT MEMBACA

Sabtu, 18 Mei 2013

ekonomi arab saudi


Arab Saudi memiliki pendapatan per kapita $ 20.700 dan itu merupakan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Ekonomi Arab Saudi s didasarkan pada Minyak, seperti 24 persen dari minyak dunia itu, setara dengan 260 miliar barel, yang ditemukan di sini. 45 persen dari Arab Saudi s Produk Domestik Bruto dan 90 persen dari pendapatan ekspor berasal dari industri minyak. 40 persen dari PDB berasal dari sektor swasta, dimana pemerintah Arab mencoba untuk mengembangkan privatisasi industri seperti telekomunikasi atau kekuasaan.
Karena harga minyak tumbuh marah dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi memperoleh surplus anggaran sebesar $ 28 miliar. Ini memiliki pasar saham terbesar di Timur Tengah dengan kapitalisasi pasar yang naik 110 persen ($ 157.300.000.000) pada tahun 2007.
Para Arab Saudi Umum Investment Authoritytelah didirikan pada bulan April 2000 dalam rangka untuk mempromosikan investasi asing di Arab Saudi. Pemerintahnya membuka beberapa sektor yang tertutup seperti distribusi asuransi, telekomunikasi dan listrik. Pada bulan Desember 2005, setelah bertahun-tahun negosiasi, Arab Saudi bergabung dengan WTO (Organisasi Perdagangan Dunia) dalam rangka diversifikasi ekonomi dan menarik investasi asing. Negosiasi ditangani dengan cara di mana Arab Saudi bersedia untuk mengubah sejauh akses pasar untuk jasa asing dan barang yang bersangkutan.
Pemerintah berusaha untuk mengubah minyak berbasis ekonomi ke dalam sebuah negara industri melalui lima tahun rencana pembangunan. Dua pertama dari rencana ini menekankan infrastruktur di tahun 1970-an. Akibatnya, pembangkit listrik meningkat, panjang jalan raya beraspal tiga kali lipat dan tumbuh dalam kapasitas pelabuhan. Rencana ketiga, dari 1980 sampai 1986, penekanan adalah pada pelayanan sosial, pendidikan dan kesehatan; rencana keempat (1985-1990) mendorong investasi asing dan perusahaan swasta; yang kelima (1990-1995) layanan pemerintah meningkatkan sosial dan pembangunan daerah; yang Rencana keenam (1996-2000) yang bertujuan untuk menurunkan biaya layanan pemerintah dan memperluas program pelatihan pendidikan. Rencana terakhir (2000-2004) mencari variasi ekonomi.
Di Arab Saudi masih ada perbedaan besar antara kaya dan miskin. Pendapatan tradisional berasal dari perikanan dan pertanian. Kegiatan pertanian sangat rendah, karena hanya satu persen dari permukaan Arab Saudi s subur. Sejauh ekspor yang bersangkutan, Arab Saudi memiliki surplus lebih besar dari 100 persen. Mitra Arab Saudi yang paling penting dari perdagangan adalahAmerika Serikat Jerman, Jepang, Belanda, Korea Selatan Perancis dan Singapura. Sebagian besar terdiri dari bahan makanan impor, peralatan mekanik (40%), bahan kimia dan tembakau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar