PEMBUKA

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA..
SEMOGA APA YANG SAYA TULIS INI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA..
SELAMAT MEMBACA

Senin, 13 Mei 2013

EMPAT ASPEK TERPENTING DALAM MARKETING



Jika kita dipaksa untuk mengucapkan satu kata terpenting dalam berbisnis, kira-kira kata apa yang akan kita ucapkan ? Hmmm… semua orang mungkin punya pendapat masih-masing yang berbeda. Namun jika saya dipaksa untuk mengucapkan kata itu, saya akan mengucapkan kata : “MENJUAL”. Ya, inti dari bisnis adalah menjual barang dan/atau jasa. 
 
Nah, mungkin beberapa dari pembaca telah mempelajari ilmu pemasaran (marketing), yaitu jika kita sederhanakan definisinya adalah “ilmu menjual produk”. Banyak sekali ilmu, teknik dan pemikiran yang didedikasikan untuk ilmu pemasaran dan bagaimana agar jualan kita lebih laku. Karena, semakin laku berarti semakin banyak untung yang kita dapat. 
 
Satu ilmu yang mungkin telah menjadi klasik dalam marketing dan saya yakin akan relevan sepanjang masa adalah apa yang disebut MARKETING MIX. Pemikiran mengenai marketing mix pertama kali diungkapkan oleh Jerome McCarthy pada tahun 1960 dan sampai saat ini masih menjadi basis pemikiran yang diperhitungkan oleh para pemasar manapun di dunia. 
 
 Empat hal apa yang harus kita perhatikan dalam pemasaran merupakan inti dari marketing mix. Mari kita simak empat hal tersebut :
 
1. Product (Produk)
Produk adalah apa yang kita jual kepada konsumen. Produk bisa berupa barang dalam bentuk fisik ataupun jasa. Seorang pebisnis harus memikirkan dan mengambil keputusan tentang produk sesuai kebutuhan konsumen dalam hal fungsi, tampilan, packaging, pelayanan penjualan maupun pelayanan purna jual (pre-sale service). 
 
2. Price (Harga)
Menetapkan harga sebaiknya dipertimbangkan dengan matang berdasarkan margin keuntungan yang wajar dan reaksi kompetitor atas penetapan harga kita.
 
3. Promotion (Promosi)
Keputusan yang harus diambil oleh pebisnis mengenai promosi antara lain adalah biaya iklan, media iklan, public relations, branding, event dan sebagainya. 
 
4. Place (Tempat)
Darimana seorang pebisnis akan menjual produknya? Hal ini sangat krusial dalam menentukan kesuksesan penjualan. 
 
Jadi sebelum berjualan, pertimbangkan lah dulu keempat aspek penting diatas…
Good luck, bro !

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar