PEMBUKA

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA..
SEMOGA APA YANG SAYA TULIS INI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA..
SELAMAT MEMBACA

Minggu, 02 Juni 2013

USAHA FOTOCOPY

Jika Anda menemukan lokasi yang berada di dekat sekolah atau universitas, sepertinya cocok sekali jika menjalankan usaha foto copy. Bisnis fotocopy ini masih tetap menjanjikan dan selalu memiliki pasar. Namun sebelum memutuskan usaha tersebut, cobalah melakukan riset kecil-kecilan. Pada saat jam sekolah atau kuliah, coba perhatikan seberapa sering mereka melakukan aktifitas foto copy.

Setelah itu ada berapa tempat foto copy yang ada di sekitar sekolah atau universitas tersebut. Jika tempat foto copy yang sudah ada selalu ramai, itu artinya pasar masih terbuka. Lakukan hal yang sama dengan usaha rental komputer. Kemudian cobalah evaluasi hasil riset tadi, mana yang paling dibutuhkan pasar.

Cek berapa harga yang mereka harapkan dan seberapa cepat pelayanan yang bisa dilakukan. Apakah perlu membeli juga mesin press/laminating, atau cukup foto copy dan jilid saja.

Jangan lupa juga persiapan modal cadangan dan supplier. Terutama untuk barang yang banyak terpakai/terjual seperti ATK, kertas, toner/tinta, dan lainnya. Pastikan anda mendapatkan supplier yang baik dan pasokan yang cukup.

Jangan sampai usaha sudah ramai tapi sering kehabisan stock karena perlu beberapa hari untuk mendapatkan barang. Hal ini bisa membuat konsumen lari ke pesaing anda.

Langkah Awal Membuka Usaha Fotocopy
BANYAK peluang usaha yang menjanjikan dari sebuah fotocopy. Tapi, sebelum memulai usaha, ada baiknya kita perhatikan dahulu hal-hal berikut ini:
Lokasi Lokasi sangat berpengaruh dalam suksesnya sebuah usaha. Lokasi dekat area pendidikan seperti sekolah, kampus, dan perkantoran adalah lokasi yang cukup strategis untuk membuka sebuah bisnis fotocopy.

Persaingan Lihatlah persaingan, jika terlalu banyak usaha fotocopy di sekitar lokasi dipilih, sudah pasti usahamu akan mengalami tantangan yang cukup berat. Kamu tidak bisa leluasa menentukan harga karena harus menyesuaikan dengan harga pasaran.

Mesin fotocopy Ini yang terpenting, karena sebagai peralatan vital. Untuk pemilihan mesin fotocopy, sangat tergantung dari siapa market kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan. Kalau mayoritas pelangganmu adalah mahasiswa/pelajar, masalah harga harus benar-benar diperhatikan, kualitas perlu di prioritaskan.

Kebutuhan & spare part Semakin murah consumable (toner & kertas) semakin besar pula keuntunganmu. Untuk kertas, kamu bisa gunakan kertas plano potong. Untuk toner kamu juga bisa gunakan toner compatible tidak harus orisinal. Tapi ingat, jangan mengorbankan kualitas karena harga. berkualitas dan bermutu merupakan hal no 1 yang penting. 

Supplies Andy, pemilik Wijaya Fotocopy mengatakan bahwa modal barang seperti alat tulis dan lainnya juga sangat penting dalam menentukan besarnya keuntungan usaha copy center. “Kalau membelinya dari grosir, kamu akan mendapatkan barang yang banyak dan tentu saja harga yang murah,” ujar Andy.

Layanan Buatlah copy center kamu seperti supermarket. Semakin banyak barang yang dijual, maka semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan 6.Kualitas Jika kamu tidak bisa bersaing harga, ada baiknya bersainglah dalam kualitas, karena zaman sekarang banyak orang yang lebih mementingkan kualitas daripada harga. (andrie)

Menjaga Mutu dan Kualitas
Foto copy harus selalu menjaga kualitas dan mutu dari semua jasa yang dia jual kepada konsumen, cepat, tepat, rapi dan memuaskan. Semua faktor itu yang selalu mereka jaga guna untuk memuaskan para konsumen.

Agar mutu pelayanan terkontrol, semua proses produksi foto copy di tangani secara terstruktur. Ukuran ruko yang sesuai. Bahan baku untuk memenuhi semua kebutuhan foto copy harus sudah di suplai dari beberapa agen yang bekerjasama fotocopy anda.

Ada beberapa stategi untuk tetap eksis di dunia foto copy. Caranya adalah memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh konsumen, menjaga kualitas dan mutu dari apa yang meraka jual, menjaga kerapian dan keindahan dari setiap order dari mereka.

Untuk mempromosikan usaha yang di rintis, cukup menawarkan kepada teman-teman, harus memiliki beberapa link dengan kampus-kampus atau sekolah-sekolah, atau memakai selebaran brosur yang di sebar ke beberapa tempat strategis.

Selain itu, pemilihan tempat atau lokasi untuk membuka usaha foto copy juga sangat menentukan laris tidaknya usaha ini. Harga juga termasuk salah satu faktor yang diperhatikan oleh konsumen. Harga yang  ditawarkan foto copy bermacam-macam jadi anda harus benar-benar pandai membaca persaingan pasar usaha anda dalam menentukan harga yang sesuai (murah) akan tetapi memiliki banyak sekali pelanggan.

Simulasi Laba Usaha Fotocopy

Pendapatan
Rp. 2.500.000 perminggu x 4 = Rp. 10.000.000,-/bulan

Pengeluaran
Biaya Pembelian Bahan Baku :
1. Rp 1.250.000,00  (pembelian kertas/bulan)
2. Rp   250.000,00  (pembelian tinta/bulan)

Biaya Operasional Perbulan
Gaji karyawan      = Rp    800.000,00 / bulan
Membayar Listrik   = Rp  4.000.000,00 / bulan
Biaya tak terduga  = Rp    400.000,00 / bulan

Keuntungan
Laba Bersih : Rp. 10.000.000,00 - Rp. 6.700.000,00 = Rp. 3.300.000,00 / bulan

Kesulitan yang sangat dirasa untuk usaha fotocopy ini yaitu pada saat musim liburan tiba.  Hampir setiap musim liburan foto copy ini selalu sepi akan order. Ditambah harga kertas mulai naik. Dia harus banting tulang untuk mencari agen kertas yang harganya relatif miring di bandingkan dengan agen kertas yang lainnya.

Jika terjadi kerusakan adapun cara merawat mesin fotocopy (dari teknisi yang mungkin biasa datang untuk memperbaiki) Intinya cuma pakai adc. Adc ( active drum cell) adalah suatu cairan kimia yang berguna untuk:
1. Melapisi drum (tabung) machine photo copy jenis assy (drum canon : np 6045, np 6050, np 6650, agfa : x 58, x 88 dll) sehingga memperkecil bolong yang terlihat pada hasil fotokopi blok hitam, untuk hasil maksimal gunakan toner original
2. Mengaktifkan drum cell mesin fotocopy yang sudah lemah, supaya drum mesin foto copy tidak gampang nembak / konsleting, dan drum foto kopi yang belang bisa normal kembali,
3. Menghilangkan lembab yang membandel pada drum mesin fotokopi (sudah di braso, belum 1 bulan kumat lagi) yang menyebabkan hasil fotokopi kabur,
4. Mempertajam hasil fotocopy walau pakai toner kw2,
5. Merawat drum machine fotocopy agar usia drum panjang, dll

Sebagian besar Kerusakan mesin fotocopy terjadi umumnya pada Box Toner dan Developing unit yang di timbulkan oleh beberapa hal ini:
1) Tinta/toner pada box toner utama mengeras/padat sehingga toner tidak menyuplai ke developing dan kerja motor pada box toner berat.
2) Gear motor dinamo supplay toner pada box aus sehingga tidakmenggerakan ulir pada box toner
3) Sensor pada box toner dan developing rusak atau kawat yang berfunsi menghapus pada dinding sensor developing tidak berfungsi atau lepas.
4) Konsleting pada motor dinamo box toner sehingga merusak transistor di DC Control yang berfunsi sebagai penggerak motor dinamo motor box toner.
E014

Pada dasarnya kerusakan ini terjadi pada motor pemanas yang dapat ditimbulkanoleh:
1) Konektor pada motor pemanas tidak terhubung.
2) Voltage pada konektor motor pemanas ,J106-B16(+),J106-B18(-) tidak menunjukan tegangan dari 0-5v di PCB DC control.
3) Bisa dsebabkan oleh ANTIRUSH rusak atau bearing pada upper rool dan lowwer roll pemanas keras dan tidak berputar.
E-0012

KERUSAKAN INTINYA TERJADI PADA MOTOR DRUM YANG BISA DITIMBULKAN OLEH:
1) Konektor motor drum (J601 dan J602 ) tidak terhubung maka periksalah dan hubungkan.
2) Cek konektor tegangan listrik pada J601dan J602 dimana tegangan yang harus masuk yaitu : J601-1 : 24 v, J601-2 : 0 v
3) Motor drum d control
matikan dan hidupkan mesin serta ukur tegangan pada konektor motor drum
J 602-2 : 5v
J 602-3 : 5v
J 602-1 : 0v
Apabila tegangan tersebut sesuai maka motor drum harus di perbaiki.Apabila tidak sesuai maka Control harus di perbaiki.
4) kerusakan ini bisa juga di timbulkan oleh AntiRush di belekang PCB DC Control rusak dan juga pintu utama kurang tertutup menekan switch pintu serta juga switch bypass tidak tertekan oleh pintu samping.
E010

KERUSAKAN TERJADI PADA BEBERAPA HAL YAITU:
1) Konektor main motor longgar atau tidak tersambung pada motor pick up yang ada di belakang pembuangan toner dekat motor drum
2) DC kontrol rusak dimana pada konektor (j108-A6 (+) 108-A8(-) ) Tegangan lisrik kurang dari 5 volt maka main motor harus kita perbaiki.
3) Kerusakan juga bisa terjadi pada PCB ANTI RUSH di belakang DC Control atau konektor nya longgar.
4) Terjadi juga apabila pintu utama penutupanya kurang rapat.
E0001 -0004

Pada dasarnya kerusakan terjadi pada pemanas yaitu thermistor,sekering,subthermistor dan lampu pemanas.Tapi ada beberapa hal yang dapat menimbulkan kerusakan tersebut seperti:conector termistor dan sub termistor terdapat minyak silicon pada rumah conector tersebut.Kedua membran conector pemanas bagiab belakang kotor atau tidak koneksi pada lawan konektor maka harus kita bersihkan dengan alkohol.Dan terahkir biasanya ramregulator buat lampu pemanas rusak.
E0005-0dst

Pada dasarnya kerusakan ini yaitu E0005 Adalah habisnya cleaningweb.Tapi setelah kita ganti dankita reset error mesin masih menampilkan tanda error E-0005 lagi. Maka terkadang kita bingung akan hal ter sebut.Lewat forum ini kami akan uraikan cara pengatasannya.Pertama kita tekan *28* copier, Counter , MISC, FIX web, lalu kita tekan tombol C (CLEAR) yang dekat tombol angka 0.Baru kita program error yaitu tekan *28* copier ,function. clear, err. Kemudian matikan dan hidupkan mesin.

Pada dasarnya hardisk di mesin ir sama dengan yang ada dalam komputer yang butuh perawatan agar panjang umur penggunaanya.Hal yang harus kita perhatikan yaitu selalu bersihkan fentilasi didepan kipas hardisk agar udara yang masuk untuk pendingin hardisk lancar.Terusv jangan mematikan mesin waktu mesin lagi beroperasi.Kemudian perhatikan asupan listrik naik turun atau setabil dalam hal ini gunakan stabilizer.Terahkir Lihat jalur fentilasi kipas bawah panel ada yang pecah atau tidak,sebab apabila ada yang pecah akan menimbulkan panas yang berlebih pada ruang mesin. Semoga masukan ini bermanfaat untuk teman teman semuanya.

Catatan: Analisa harga peralatan, perlengkapan, dan biaya-biaya lain wirausaha / bisnis bisa berubah kapan saja seiring waktu menyesuaikan keadaan ekonomi setiap daerah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar